Iklan disini.

Doa dan Tata Cara Sholat Tahajud: Memperkuat Hubungan Kita dengan Allah

Doa dan Tata Cara Sholat Tahajud: Memperkuat Hubungan Kita dengan Allah

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan setelah bangun tidur dan pada waktu 1/3 malam. Pada pelaksanaannya, sholat tahajud dikerjakan minimal sebanyak dua rakaat dengan satu kali salam.

Sholat tahajud merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Sholat ini dilakukan pada malam hari, setelah tidur, dan sebelum waktu sholat Subuh. Meskipun tidak diwajibkan, namun sholat tahajud memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi yang melakukannya. Selain mendapat pahala yang besar, sholat tahajud juga dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah.

Seperti yang telah dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, sholat tahajud merupakan waktu yang sangat istimewa untuk berkomunikasi dengan Allah. Pada saat itu, Allah SWT turun ke langit dunia dan meminta kepada hamba-Nya yang sedang beribadah untuk meminta apa yang diinginkan. Dengan melakukan sholat tahajud, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah dan memperoleh rahmat serta ampunan-Nya.

Saat selesai melaksanakan sholat tahajud, terdapat beberapa doa yang disunnahkan untuk dibaca. Hal ini merupakan bentuk tanda syukur kepada Allah yang telah memberikan kesempatan bagi kita untuk beribadah di malam hari.

Berikut ini adalah beberapa doa setelah sholat tahajud yang dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah.

Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa Nabi Muhammad SAW

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka."

Doa ini merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Dengan membaca doa ini, kita meminta agar Allah memberikan kebaikan kepada kita di dunia dan di akhirat serta meminta perlindungan dari siksa neraka. Doa ini dapat membuat hubungan kita dengan Allah semakin kuat karena kita menyadari bahwa semua rahmat yang diberikan berasal dari-Nya.

Doa Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أَتُوبُ إِلَيْه

"Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, tiada Tuhan selain-Nya Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Doa istighfar merupakan doa yang sangat penting untuk dibaca setelah sholat tahajud. Dengan memohon ampun kepada Allah atas segala dosa yang telah kita lakukan, kita dapat membersihkan diri dari kesalahan dan memperkuat hubungan kita dengan-Nya. Selain itu, doa ini juga menunjukkan rasa rendah hati kita sebagai hamba yang selalu membutuhkan ampunan-Nya.

Doa Meminta Hidayah

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami dari sisi-Mu rahmat, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi."

Doa ini adalah doa untuk meminta hidayah kepada Allah agar selalu tetap di jalan yang lurus dan tidak terjerumus kepada kesesatan. Dengan membaca doa ini, kita memperkuat hubungan kita dengan Allah karena kita menyadari bahwa semua petunjuk dan rahmat berasal dari-Nya.

Doa Perlindungan dari Fitnah

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَࣖ

"Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami. Maka, tolonglah kami dalam menghadapi kaum kafir."

Doa ini merupakan doa untuk memohon perlindungan dari fitnah yang dapat mengganggu hubungan kita dengan Allah. Dengan membaca doa ini, kita meminta pertolongan dan perlindungan dari Allah agar selalu diberikan kekuatan untuk menjauhi segala hal yang dapat merusak hubungan kita dengan-Nya.

Doa Riwayatkan Bukhari dan Muslim

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud hampir sama dengan sholat fardhu, akan tetapi niat, rakaat dan waktunya sedikit berbeda yakni harus di lakukan di malam hari setelah tidur.

Menurut mayoritas pendapat, tidak ada batasan maksimal mengenai jumlah rakaat sholat tahajud. Sholat ini dapat dikerjakan minimal dua rakaat.

  1. Membaca niat sholat tahajud
  2. Takbiratul ihram diikuti doa iftitah
  3. Membaca surah Al Fatihah
  4. Membaca surah dalam Al-Qur'an
  5. Rukuk
  6. I'tidal
  7. Sujud
  8. Mengulang gerakan seperti rakaat pertama
  9. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua
  10. Salam

Adapun niat sholat tahajud sebagai berikut:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Demikianlah beberapa doa setelah sholat tahajud yang dapat memperkuat hubungan kita dengan Allah. Meskipun sholat tahajud bukanlah ibadah yang wajib, namun dengan melaksanakannya kita dapat memperoleh banyak manfaat dan keutamaan. Selain itu, doa-doa setelah sholat tahajud juga dapat membantu kita untuk memperkuat hubungan kita dengan Allah, yang merupakan tujuan utama dari setiap ibadah yang kita lakukan. Semoga kita selalu diberikan kekuatan dan kemampuan untuk melakukan sholat tahajud dan memperkuat hubungan kita dengan Allah. Aamiin.

Baca Juga
Posting Komentar